10 Tips Panduan Bisa lolos CPNS 2024

CPNS

Hallo sahabat betuah.id, kamu mau jadi PNS yuk simak artikel di bawah ini biar kamu lulus CPNS.


CPNS 2023 sesaat lagi dibuka. Bagaimana nih strategi kamu agar lolos CPNS pada tahun ini? Agar lolos CPNS, kamu harus juga punyai strategi sendiri ingat kamu akan berkompetisi dengan juta-an orang dari semua Indonesia. Bila kamu perlu panduan bisa lolos CPNS 2023, coba baca berikut ini!


Panduan Bisa lolos CPNS 2023

 

Bukan rahasia kembali, tiap tahun tentu registrasi CPNS selalu banjir oleh peserta. Nach, jika sudah demikian, pasti kamu harus punyai langkah hebat yang membuat kamu bisa bisa lolos CPNS. Berikut panduan bisa lolos CPNS yang dapat kamu aplikasikan.


1. Targetkan agenda belajarmu

 

Panduan bisa lolos CPNS yang pertama ialah berencana agenda belajar agar dapat mempertajam beberapa soal ujian SKD. Luangkan waktu belajar secara intens untuk latihan masalah, pelajari kisi-kisi, dan membaca beragam materi.



2. Rajin latihan beberapa soal test

 

Seperti kata peribahasa "practice makes perfect". Nach begitupun saat kamu ingin bisa lolos penyeleksian CPNS pada tahun ini. Rajinlah latih diri kerjakan beberapa soal test untuk menyiapkan diri dari jauh hari.



Sama seperti yang kita mengetahui, di CPNS kamu akan 2x lewat test, pertama test SKD (Penyeleksian Kekuatan Dasar) dan SKB (Penyeleksian Kekuatan Sektor).


Saat ini, tidak susah buat temukan contoh masalah CPNS. Kamu dapat latihan beberapa soal CPNS, dapat lewat masalah yang kamu dapatkan pada internet, lewat buku masalah, atau program yang sediakan masalah CPNS.


3. Mengenal dan pelajari kisi-kisi dan materi CPNS

 

Janganlah sampai kamu meremehkan hal yang ini dari panduan bisa lolos CPNS! Coba untuk cari tahu seperti apakah kisis-kisi dan materi CPNS pada tahun kemarin.



Kamu dapat temukan kisi-kisi itu di buku atau program yang bisa jadi dasar untuk belajar test CPNS.



4. Turut barisan belajar atau bimbel

 

Belajar sendiri buat sebagian orang terkadang berasa berat dan cepat membuat mengantuk. Apa kamu termasuk type semacam itu?



Nach, kamu dapat menangani permasalahan belajar kamu dengan membuat barisan belajar bersama beberapa teman, atau turut bimbel CPNS baik bertemu muka atau kelas online.



5. Selalu up-date info tentang CPNS

 

Poin utama selanjutnya ialah pastikanlah kamu selalu meng ikuti info terkini berkenaan CPNS. Kamu dapat meng ikuti informasi di sosial media atau website KitaLulus.


Karena, bukan mustahil ada peralihan ketetapan atau tanggal. Atau bisa juga menjadi BKN berikan kisi-kisi berkenaan test penyeleksian.



6. Siapkan document yang dibutuhkan

 

Ingat kelengkapan document sebagai persyaratan mutlak, panduan bisa lolos CPNS 2023 ini jangan kamu terlewat.


Pastikanlah kamu telah mempersiapkan semua keperluan document untuk registrasi dengan komplet. Janganlah lupa, pastikan kembali apa semua document itu benar dan pas sama sesuai syarat yang diputuskan oleh lembaga dan skema yang dibuka.


7. Memerhatikan passing grade

 

Tidak ada kelirunya kamu memerhatikan passing grade, supaya tidak tidak berhasil.



Memang, seperti apakah sich passing grade dalam test CPNS? Silahkan kita dalami mekanisme passing grade dari penerapan penyeleksian CPNS 2019.



Di CPNS 2019, passing grade tertera dalam Permenpan RB No. 24 Tahun 2019.
Berdasar Ketentuan Menteri PANRB No. 24/2019 mengenai Nilai Tingkat Batasan SKD Penyediaan CPNS 2019, beberapa pelamar dengan lajur skema umum dan skema khusus tenaga penyelamatan cyber (siber security) harus melebihi passing grade sejumlah 126 untuk Test Karakter Individu (TKP), 80 untuk Test Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Test Wacana Berkebangsaan (TWK). Dan kamu akan dipastikan lulus jika passing grade perbagian (TKP, TIU, TWK) mendapat nilai SKD minimum 271 point dari jumlahnya 100 masalah.



8. Istirahatkan pemikiran saat sebelum ujian diawali

 

Saat kamu telah menjelang hari ujian, upayakan untuk istirahatkan pemikiran. Untuk saat ini, jauhi dahulu latihan masalah, materi, dan yang lain. Ini langkah terbaik menghindar dari kuatir yang dapat kamu alami.



Pemikiran yang tenang akan mempermudah kamu waktu kerjakan masalah ujian.
Apa lagi nanti kamu akan kerjakan masalah test berbasiskan CAT yang memerlukan fokus tinggi. Janganlah sampai karena kecapekan, justru merepotkan kamu waktu kerjakan masalah.



9. Ketahui lokasi test

 

Panduan bisa lolos penyeleksian CPNS seterusnya, hadirlah lebih cepat ke lokasi test. Ini untuk menghindar dari hal yang tidak diharapkan, seperti terjerat macet, salah jalan ke arah lokasi, dan yang lain. Tiba lebih cepat menolong kamu agar semakin tenang.



10. Cermat dan memerhatikan waktu

 

Waktu kerjakan beberapa soal SKD dan SKB, kamu agar lebih cermat. Karena, bisa banyak beberapa soal test yang menjerat, dengan jawaban yang mirip-mirip. Dengan cermat, kamu bisa juga menjawab masalah secara cepat dan tepat.



Perlu kamu kenali , dalam test CPNS kelak, memerhatikan waktu ialah poin penting. Janganlah sampai kamu buang beberapa waktu cuma untuk kerjakan satu masalah. Lakukan lebih dulu masalah yang menurut kamu gampang, seperti masalah yang karakternya hafalan. Tentu saja tipe masalah ini tidak makan beberapa waktu dibandingkan masalah nalar atau perhitungan.



Masalah SKD terbagi dalam 35 masalah TWK, 30 masalah TIU, dan 35 masalah TKP.
Untungnya, dalam mekanisme CAT, kamu dapat mengidentifikasi masalah yang kamu anggap sangsi jawabnya betul atau kelirunya . Maka, bila kamu masihlah ada kesempatan sisa, kamu dapat periksa kembali beberapa masalah yang sangsi.



Seterusnya, kamu dapat kerjakan beberapa soal TKP dulu. Beberapa soal TKP ini berisi pertanyaan sekitar diri kamu, dan tentu saja tidak makan beberapa waktu. Tidak ada jawaban yang salah atau benar, cuma ada nilai tertinggi dan terendah.
Nach, tersebut panduan bisa lolos CPNS 2023 yang dapat Teman dekat Betuah.id mulai coba.