Apa saja tipe-tipe soal tes CPNS yang harus kita pelajari?

CPNS

Apa saja tipe-tipe soal tes CPNS yang harus kita pelajari?


  1. SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) TIU (Tes Intelegensi Umum seperti hitung-hitungan matematika dasar dan penalaran dasar
  2. SKD TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) mirip seperti pelajaran pkn saat smp atau sma. Untuk tahun kemarin soal yang keluar lebih ke penalaran juga untuk TWKnya.
  3. SKD TKP yaitu lebih ke psikologi. Kalau ini biasanya kita memilih salah satu pilihan yang paling baik diantara 5 pernyataan.
  4. SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) materinya meliputi bidang yang kamu daftar
  5. SKB di beberapa kementerian ada wawancara contohnya kemendikbud
  6. SKB di beberapa kementerian ada tes fisik dan jasmani contohnya kemenkumham, kejaksaan, kementerian pertahanan.

 

Untuk TIU TWK dan TKP tipe soalnya udah banyak di tryout-tryout berbayar di instagram kayak idcpns, smartcpns/gocpns, ayocpns, cpnsindonesia. Menurutku soal yang idcpns lebih bagus dan lebih memberikan penalaran per tryout klo ga salah 20ribu. Kalo soal dari smartcpns harganya 160k all in ada sekitar lebih dari 150 tryout. 

 

SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar adalah tes pertama pada seleksi CPNS.SKD berbasis CAT(Computer Asissted Test) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.Bisa dipelajari di Youtube. Banyak mengulas materi SKD atau di Buku yang bisa dibeli di gramedia.Kemudian SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang. Untuk SKB biasanya ada yang CAT dan non CAT. Non CAT biasanya terdiri dari beberapa Item test yaitu Kesamaptaan(jasmani), wawancara dan psikotest sesuai formasi yang kita pilih.