CPNS 2024 Segera Dibuka Bulan Mei, Cek Syarat Dan Pendaftarannya!

CPNS 2024

CPNS 2024 Segera Dibuka Bulan Mei, Cek Syarat Dan Pendaftarannya - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkapkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 yang mencakup CPNS dan PPPK akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan jadwal pelaksanaan seleksi, pemerintah akan mengumumkan usai melakukan pembahasan teknis dengan seluruh instansi. 

 

Direncanakan, untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri atas seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dilaksanakan pada bulan Mei 2024.andquot;Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN,andquot; ujar Anas, dikutip Senin (15/1/2024).

 

Saat ini, lanjut Anas, Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian negara (BKN) sedang bergerak cepat untuk membahas pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2024.andquot;Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian, ujarnya.Dia memastikan Kementerian PANRB akan mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud. ditargetkan konsolidasi usulan instansi pemerintah diselesaikan pada Januari 2024.

 

Pelaksanaan seleksi awal ditargetkan bulan Mei, dan bila formasi belum terpenuhi, maka bisa dibuka seleksi berikutnya sampai akhir 2024,andquot; ujarnya.Rekrutmen ASN tahun 2024 telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024 dengan total formasi 2,3 juta. Instansi pusat menerima 429.183 tuntutan, terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. 

 

Komposisi tersebut merupakan gabungan antara guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.Pembentukan badan daerah sekaligus sebanyak 1.867.333 orang, terdiri dari CPNS 483.575 orang dan PPPK 1.383.758 orang. Formasi PPPK Kanwil berjumlah 419.146 orang, tenaga kesehatan sebanyak 417.196 orang, dan tenaga teknis sebanyak 547.416 orang. Sedangkan untuk sekolah kedinasan, pemerintah membuka 6.027 formasi pada tahun ini. Jumlah kantor wilayah lebih banyak dibandingkan kantor pusat, karena komposisi ASN lebih banyak di daerah.hal. 

 

Direktur SDM Perangkat Keras Kementerian PANRB, Aba Subagja, berharap pada tahap pertama seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (L/L/D) sudah bisa memasukkan data ke dalam platform digital."Tujuannya tes dilakukan pada bulan Mei, dan bila masih kosong masih bisa tes berikutnya,"; Aba seperti dikutip, Rabu (1 Oktober 2023).

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac OS Mudah dan Cepat!

Pemerintah berencana merekrut CASN 2024 tidak lebih dari tiga kali dalam setahun. Oleh karena itu, dia berharap pemerintah segera mengusulkan pembentukannya.“Kami mendorong instansi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menggunakan alokasi formal sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi yang efektif dapat dilaksanakan secara maksimal melalui peran SDM,” jelasnya.

 

Pasalnya, pada tahun ini pemerintah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk mengikuti seleksi lulusan baru sekolah, baik itu dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis, termasuk keterampilan digital dan masih banyak bidang penting lainnya.

 Baca Juga : Cara Mudah Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024


  1. Kartu keluarga
  2. Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Swafoto/selfie
  7. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

 

Cara Pendaftaran CPNS 2024

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

  1. Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.
  2. Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
  3. Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan
  4. Lengkapi biodata
  5. Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data pendidikan
  7. Unggah dokumen persyaratan.
  8. Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah
  9. Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
  10. Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
  11. Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN
  12. Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
  13. Pemberkasan dan Penetapan NIP