10 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami

Gigi

Betuah.id - Rasa percaya diri seseorang tidak hanya didasari oleh psikologi saja, namun juga didukung oleh penampilan fisiknya. Salah satunya soal warna gigi, putihnya gigi yang terawat membuat Anda semakin percaya diri saat berbicara dengan rekan atau teman di sekolah.Pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Bagaimana cara menjaga gigi tetap putih? 

Simak 10 cara memutihkan gigi dengan bahan alami yang sederhana dan efektif berikut ini!

1. Menggosok kulit pisang

Cara memutihkan gigi yang pertama adalah dengan menggosoknya dengan kulit pisang. Ya, Anda membacanya dengan benar. Sering dianggap remeh, kulit pisang ternyata punya banyak manfaat. Selain mudah ditemukan, caranya juga sangat sederhana, cukup dengan menggosokkan kulit pisang secara merata pada permukaan gigi.Kulit pisang banyak mengandung komponen mineral yaitu saponin, kalium dan mangan. Kandungan saponin merupakan senyawa aktif yang dapat mengikat kromogen sehingga memberikan gigi lebih bersih dan terawat. Sebenarnya kajian mengenai kulit pisang masih perlu penelitian lebih mendalam, namun Anda bisa mencobanya, mungkin efektif untuk memutihkan gigi.

2. Gunakan siwak

Cara memutihkan gigi secara alami lainnya adalah siwak. Siwak adalah alat pembersih gigi yang digunakan dalam tradisi Islam dan banyak budaya lainnya. Siwak berasal dari akar pohon araki, atau persica Salvador. Bahan ini sudah lama dipercaya dalam kebersihan gigi dan mulut.Siwak mengandung silika, bahan abrasif yang mampu menghilangkan kotoran dan noda pada permukaan gigi. Dengan pemakaian teratur, gigi menjadi lebih cerah dan terawat. Anda juga bisa mendapatkan nafas segar dan mulut bersih dengan menggunakannya.Anda mungkin kesulitan menemukan materi ini. Namun jangan khawatir, kini kandungan siwak sudah bisa Anda temukan pada pasta gigi. Pasta gigi dengan kandungan siwak terbaik adalah pasta gigi siwak dan Habbatussauda.Produk ini merupakan pasta gigi dengan kualitas terbaik dan mengandung pemutih gigi. Pemakaian rutin akan memberikan hasil terbaik. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi mencari siwak, manfaatnya sudah bisa Anda rasakan.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam untuk memutihkan gigi secara alami. Anda bisa melakukan ini setelah menyikat gigi. Gunakan sikat gigi terbaik untuk hasil terbaik. Air garam mampu menghilangkan plak yang membuat gigi kotor dan kuning. Namun ingat, jangan terlalu sering berkumur dengan air garam karena bersifat abrasif.Selain mampu mencerahkan, air garam juga mampu membunuh bakteri di mulut. Bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut. Jadi membuat air garam itu mudah, campurkan segelas air dengan satu sendok garam. Anda bisa menggunakan garam meja untuk melarutkannya dengan cepat.Rekomendasi garam berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk membumbui makanan dan berkumur untuk mencerahkan gigi adalah garam meja Refina. Harganya menguntungkan dan cepat larut. Dapat digunakan sebagai obat kumur dalam kedokteran gigi. 

Baca Juga : 10 Cara Menambah Penghasilan Online, Kamu Wajib Coba

4. Menyikat gigi dengan arang

Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi menguning, meskipun Anda rajin menyikat gigi, seperti sering minum, merokok, atau penuaan. Nah, selain menyikat gigi dengan benar, Anda juga bisa memperhatikan hal-hal di atas jika tidak ingin gigi Anda kuning dan kotor.Anda bisa mencoba bahan pemutih gigi alami bernama arang. Caranya sederhana, ambil batu bara dan hancurkan hingga menjadi seperti bubuk hitam. Ambil beberapa partikel dengan sikat gigi dan sikat seperti biasa. Setelah itu, Anda bisa mencucinya dengan air. Arang memiliki sifat abrasif yang menghilangkan noda dan plak pada gigi.

5. Gunakan buah strawberry

Bahan pemutih gigi alami ini benar-benar unik karena Anda hanya membutuhkan buah segar yang disukai banyak orang yaitu buah strawberry. Stroberi dengan rasa manis dan asam mampu membantu memutihkan gigi.Hal ini karena stroberi mengandung asam sitrat dan enzim bromelain yang membantu menghilangkan kotoran dan noda pada gigi. Sebenarnya efek putih yang dihasilkan tidak bersifat permanen, Anda bisa melakukannya secara rutin jika ingin hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

6. Konsumsi susu secara teratur

Konsumsi susu putih secara teratur dapat mempengaruhi kesehatan gigi, namun efek pemutihannya bisa lambat. Susu putih mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk pembentukan dan kekuatan gigi.Kalsium dan fosfor membantu menjaga mineralisasi gigi. Ini adalah proses yang mengatur mineral seperti kalsium dan fosfat untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi. Selain itu, susu putih dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam mulut sehingga mencegah pertumbuhan bakteri dan plak.

7. Gosok dengan jahe

Jahe bisa menjadi cara memutihkan gigi secara alami. Jahe, bumbu yang sering digunakan dalam masakan, dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Hal ini karena jahe memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan noda dan plak pada gigi. Anda bisa meminum air jahe secara rutin untuk hasil terbaik.

8. Gunakan biji pinang

Biji pinang dipercaya mampu memutihkan gigi. Sebenarnya hal itu sudah dilakukan sejak nenek moyang kita. Anda hanya perlu mengunyahnya. Selain memutihkan, biji buah pinang juga mampu menguatkan gusi agar tidak mudah keropos di usia tua. Anda bisa mencobanya jika ingin gigi bersih dan terawat. 

Baca Juga : Apa saja tips supaya lolos tes CPNS?

9. Menggosok dengan air jeruk lemon dan soda

Memutihkan gigi dengan soda kue dan air jeruk lemon sangatlah mudah. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air jeruk lemon hingga kekentalannya seperti pasta gigi. Lalu gosok gigi seperti biasa.Ingatlah untuk mencuci dengan air bersih setelahnya. Campuran kedua bahan ini mampu menghilangkan plak dan noda akibat kombinasi asam sitrat yang bersifat abrasif. Namun ingat, jangan terlalu sering melakukannya jika tidak ingin terjadi erosi email.

10. Penggunaan daun sirih

Daun sirih memiliki sifat astringen dan antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Beberapa orang juga menyatakan bahwa daun sirih dapat membantu memutihkan gigi.Daun sirih mengandung senyawa aktif seperti eugenol, tanin dan flavonoid yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Pemanfaatan daun sirih dalam pengobatan gigi tradisional biasanya dilakukan dengan cara mengunyah atau menyikat gigi dengan daun sirih segar atau menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur. 

Baca Juga :  10 Tips Panduan Bisa Lolos CPNS 2024

Jika Anda ingin menghilangkan noda dan plak pada gigi, Anda bisa mencobanya di rumah.Di bawah ini 10 cara memutihkan gigi dengan bahan alami yang mudah dan efektif. Anda bisa mencobanya satu per satu untuk menemukan cara yang paling efektif. Namun sekali lagi, jika ingin efek permanen, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Sampai jumpa kembali diatikel menarik lainya ya sobat Betuah.id.