Bagaimana cara mengobati asam urat ?

asam urat

Betuah.id - Asam urat atau asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Gejala penyakit asam urat biasanya ditandai dengan nyeri pada area persendian, sehingga seringkali sulit membedakannya dengan nyeri rematik, yaitu peradangan dan pembengkakan pada otot atau persendian. Selain menimbulkan rasa nyeri, penderita asam urat juga merasakan sensasi terbakar dan bengkak pada persendian.Asam urat kebanyakan menyerang pria berusia sekitar 30 tahun, dan wanita biasanya terkena penyakit ini saat menopause. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan, cedera, konsumsi minuman manis atau alkohol, penggunaan obat-obatan atau penyakit lainnya.

Gejala umum asam urat

Gejala berikut ini tidak bisa diabaikan. Gejala-gejala ini mungkin mengindikasikan bahwa Anda menderita asam urat. Jika ini terjadi, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis.

1. Nyeri pada persendian

Gejala yang paling jelas adalah nyeri sendi. Rasa sakit ini disebabkan oleh terlalu banyaknya asam urat dalam darah sehingga menyebabkan penumpukan kristal asam urat. Bagian yang sering terkena nyeri adalah pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan siku.

2. Pembengkakan sendi

Gejala asam urat selanjutnya yang sering dialami penderitanya adalah pembengkakan pada sendi atau sinovium. Pembengkakan ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan volume sendi atau cairan pelumas sendi saat sendi terkena asam urat.

3. Sensasi terbakar pada persendian

Ketika asam urat menyerang persendian dan meradang, tidak ada rasa sakit dan bengkak, namun persendian juga terasa hangat atau panas.

Baca Juga :  Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh

4. Ketidaknyamanan sendi

Sesaat setelah menderita asam urat, penderita asam urat mengalami rasa tidak nyaman pada persendian. Bisa berlangsung selama beberapa hari dan stadium lanjut bahkan bisa berlangsung hingga berminggu-minggu. Jika asam urat kambuh lagi, maka akan bertahan lebih lama dari sebelumnya dan kemungkinan besar akan menyerang sendi lainnya.

5. Munculnya Nodul

Kondisi ini dapat terjadi jika kondisi ini tidak segera ditangani. Benjolan yang terbentuk pada sambungan ini disebut tropes. Thop menjadi kronis dan kejadiannya bersifat permanen. Tentu saja dapat merusak sendi dan jaringan lunak di sekitarnya serta merusak kulit di sekitar sendi.

Bagaimana cara mengobati asam urat ?

Asam urat dapat diobati dengan atau tanpa obat. Ada beberapa cara alami untuk mengobati penyakit ini. Namun, Anda harus selalu ingat untuk berkonsultasi ke dokter karena berbagai gejala yang muncul. Berikut beberapa pilihan untuk mengobati gejala asam urat.

1. Mengonsumsi obat resep

Mengonsumsi obat resep untuk asam urat adalah cara paling umum dan efektif untuk menurunkan kadar dan gejala asam urat dalam darah. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk resep yang tepat untuk gejala asam urat Anda.

2. Konsumsi makanan kaya vitamin C

Makanan kaya vitamin C dapat dikonsumsi untuk menurunkan asam urat darah. Namun hati-hati, suplemen vitamin C tidak boleh digunakan sembarangan jika Anda memiliki kondisi medis lainnya. Pertama, bicarakan dengan dokter Anda tentang asupan vitamin C dan riwayat kesehatan Anda.

3. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih dapat mengurangi pembengkakan sendi akibat asam urat. Selain air putih, Anda juga bisa menikmati cairan bening lainnya, seperti kaldu atau teh herbal. Namun mengenai jumlah air putih ada baiknya ditanyakan pada ahlinya, agar bisa disesuaikan dengan kesehatan tubuh.

4. Hindari Makanan Tinggi Purin

Makanan kaya purin dapat meningkatkan risiko asam urat. Purin ditemukan dalam daging sapi, babi, hewan buruan, daging lainnya, sarden, ikan cod, kerang, dan kerang. Jenis makanan ini merupakan makanan penyebab asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi dan hindari makanan tersebut untuk mencegah gejala asam urat semakin parah.

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Olahraga dan gerakan aktif dapat mengurangi dan meminimalkan gejala asam urat. Namun perlu diperhatikan bahwa pasien tidak dianjurkan berolahraga saat serangan asam urat karena hanya akan menyebabkan persendian terasa berat.

6. Hindari stres

Stres dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk meningkatkan risiko peradangan. Sangat penting bagi penderita asam urat untuk melindungi diri dari stres yang dapat memperburuk gejala asam urat.

Itualh tadi cara Bagaimana cara mengobati asam urat?. Jika Anda mengalami gejala asam urat, segera hubungi dokter.