Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh

Asam Urat

Betuah.id - Bagaimana cara mengobati asam urat Asam urat adalah suatu kondisi di mana kristal asam urat menumpuk di beberapa bagian tubuh? Misalnya saja jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan yang paling umum adalah jempol kaki.Rata-rata penderita asam urat berusia 30 tahun ke atas, dan lebih sering menyerang pria. Namun, wanita mengalami serangan asam urat setelah menopause. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan asam urat bisa menyerang orang berusia 20-an.Sehingga timbul pertanyaan, bagaimana cara mencegah kambuhnya gejala asam urat?

Cara mencegah gejala asam urat kambuh

Di bawah ini adalah cara mencegah kembalinya gejala asam urat.

1. Kurangi konsumsi alkohol

Konsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu ujian gejala asam urat. Alkohol adalah sumber banyak purin. Purin adalah senyawa yang menghasilkan asam urat ketika tubuh memecahnya. Alkohol juga dapat mempercepat metabolisme nukleotida. Ini adalah sumber tambahan purin, yang dapat diubah menjadi asam urat.

2. Menurunkan berat badan

Orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena asam urat. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko terkena asam urat, dianjurkan untuk mengikuti pola makan yang dapat mengurangi kelebihan berat badan.

3. Berhenti merokok

Jika Anda seorang perokok, sangat disarankan agar Anda berhenti merokok. Sebab berhenti merokok merupakan salah satu pantangan yang wajib dilakukan oleh penderita asam urat.

4. Hindari makanan kaya purin

Hindari makanan kaya purin. Makanan tinggi purin, seperti junk food, daging merah, dan makanan laut, dapat menyebabkan serangan asam urat. Mengurangi asupan makanan merupakan salah satu cara mencegah gejala asam urat kambuh lagi.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat?

5. Konsumsi cairan yang cukup

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan langkah yang baik untuk mencegah kambuhnya gejala asam urat.

6. Olah raga yang teratur

Olah raga yang teratur juga merupakan upaya mencegah kambuhnya gejala asam urat. Namun, sebaiknya hindari olahraga berat atau intens. Pasalnya, jenis olahraga ini bisa memberikan banyak tekanan pada persendian.

7. Obat Asam Urat 

Secara Teratur Kekambuhan gejala asam urat tentunya dapat dicegah dengan meminum obat secara rutin. Perlu ditekankan bahwa obat tetes harus berdasarkan petunjuk dan anjuran dokter.