Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

Sakit Kepala

Betuah.id - Beberapa kondisi medis yang juga dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut antara lain tekanan darah rendah, dehidrasi, atau konsumsi minuman atau makanan berkafein secara berlebihan.Jika sakit kepala berdenyut terjadi tetapi tidak tersedia obat di rumah, ada beberapa cara menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat.

Beberapa cara menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat:

Anda dapat menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat dengan meminum air putih atau memijat leher dan kepala. Berikut penjelasannya:

1. Minum air putih yang cukup

Sakit kepala berdenyut seringkali disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Selain sakit kepala yang berdenyut-denyut, dehidrasi juga menimbulkan masalah lain, seperti rasa haus yang berlebihan, badan lemas, jarang buang air kecil, atau urine berwarna gelap.Sakit kepala berdenyut akibat dehidrasi dapat dihilangkan tanpa obat dengan cara minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, maka sakit kepala akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

2. Tekan kepala atau leher dengan kompres dingin

Selain minum air putih, Anda juga bisa menggunakan kompres dingin pada kepala atau leher untuk menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat. Suhu dingin efektif meredakan sakit kepala berdenyut akibat pembengkakan atau peradangan.Kompres dingin dapat dibuat dengan membungkus es dengan handuk dan mengoleskannya ke kepala atau leher selama 15-20 menit.

3. Istirahat sejenak

Sakit kepala berdenyut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan begadang atau melakukan aktivitas terlalu cepat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghentikan aktivitas Anda sementara waktu jika muncul keluhan. Jika perlu, luangkan waktu tidur minimal 1 jam untuk beberapa waktu.

4. Pijat Leher dan Kepala

Cara lain menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat yang bisa Anda coba adalah pijat kepala. Memijat area pelipis, dahi, dan leher dapat mengendurkan otot-otot di area tersebut.Anda dapat memijat lembut area ini selama beberapa menit untuk meredakan sakit kepala yang berdenyut-denyut.

5. Minum Air Jahe

Tak hanya meredakan sakit perut atau gas, meminum air Jahe juga bisa menjadi sarana menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat. Hal ini dikarenakan konsentrasi gingerol dan shaogaol pada jahe memiliki sifat anti inflamasi sehingga mampu meredakan sakit kepala.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Buta Warna

Cara menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat. Namun, jika setelah menggunakan cara-cara tersebut Anda mengeluh sakit kepala berdenyut yang tidak kunjung hilang atau terasa semakin nyeri, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan sakit kepala berdenyut tanpa obat yang bisa sobat Betuah.id lakukan, namun jika dirasa masih sakit berkelanjutan segera hubungi dokter.