Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Bisul

Betuah.id - Bisul paling sering disebabkan oleh infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Kondisi ini diawali dengan munculnya benjolan kecil berwarna merah atau ungu di kulit, yang kemudian membesar, nyeri, dan mengeluarkan cairan.Benjolan ini paling sering ditemukan pada area kulit yang mudah berkeringat dan bergesekan, seperti ketiak dan selangkangan. Selain itu, abses juga bisa terjadi pada kulit wajah, punggung, dada bahkan bokong.Jika tidak ditangani dengan baik, bakteri penyebab pembengkakan dapat menginfeksi jaringan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan infeksi yang lebih serius. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara untuk mengatasi pembengkakan agar cepat terkuras guna mengurangi risiko terjadinya infeksi yang lebih serius.

Berbagai cara mengobati bisul agar cepat kering dan kempes

Bisul kecil biasanya hilang dengan sendirinya setelah 2-3 minggu dan lebih cepat sembuh jika dibarengi dengan perawatan mandiri di rumah. Namun jika bisulnya besar, sebaiknya konsultasikan ke dokter.Berikut beberapa cara mengobati bisul agar cepat kering, baik dilakukan sendiri maupun dengan bantuan dokter, Cara mengobati bisul agar cepat sembuh:

1. Menekan bisul dengan air panas

Menekan bisul dengan kompres panas meningkatkan. aliran darah sehingga dapat melawan infeksi membawa lebih banyak sel darah putih ke area tersebut untuk melawan.Selain itu, kompres hangat juga dapat mengurangi rasa sakit dan mendorong pembentukan piston pada permukaan sup. Dengan cara ini, abses bisa terkuras dan sembuh lebih cepat.Untuk mengobati bisul agar cepat pecah, rendam lap atau kain bersih dalam air panas lalu rebus selama 10-15 menit. Ulangi cara ini 3-4 kali sehari untuk hasil terbaik.

Baca Juga :  Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

2. Mengoleskan Minyak Atsiri

Menambahkan minyak atsiri seperti minyak pohon teh dan minyak jarak pada bisul sebanyak 2-3 kali sehari juga merupakan cara yang kurang efektif untuk mengatasi bisul agar cepat kering. Hal ini dikarenakan senyawa dalam minyak atsiri memiliki sifat antibakteri yang efektif melawan infeksi bakteri penyebab bisul.Namun, ingatlah untuk mengencerkan minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, untuk menghindari rasa terbakar dan iritasi kulit.

3. Oleskan kunyit

Senyawa kurkumin pada kunyit memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri jika terjadi pembengkakan. Selain itu, senyawa ini juga memiliki sifat antibakteri yang efektif melawan bakteri penyebab bisul.Agar kunyit bermanfaat dalam mengobati bisul agar cepat kering, anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut 2 kali sehari hingga mendidih.Selain mengoleskan pasta kunyit, Anda juga bisa mendapatkan efek yang sama dengan mengonsumsi 1 sendok teh bubuk kunyit yang dilarutkan dalam segelas air mineral atau susu rebus. Minum ramuan alami ini 3 kali sehari.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

4. Tambahkan bawang bombay

Bumbu aromatik ini juga bisa digunakan untuk mengobati bisul agar cepat kering. Apapun jenisnya, bawang bombay memiliki sifat antibakteri yang efektif melawan infeksi bakteri penyebab pembengkakan. Dengan demikian, abses lebih cepat sembuh.Jika Anda ingin menggunakan bawang bombay sebagai ramuan sup, cukup haluskan beberapa siung lalu gosokkan ke dalam sup. Setelah itu, tutupi permukaan sup dengan handuk dan diamkan selama 20 menit. Ulangi cara ini 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

5. Gunakan jahe

Senyawa ini mungkin juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat bisul.Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk mengobati bisul agar cepat hilang, anda bisa menumbuk beberapa bungkus jahe, menggosoknya hingga mendidih dan diamkan selama 20 menit.

6. Minum obat pereda nyeri

Jika abses terasa nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol untuk meredakannya. Ibuprofen dan paracetamol merupakan obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas di apotek. Namun ingat untuk mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Baca Juga :  Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

7. Gunakan salep antibiotik

Menggunakan salep atau krim antibiotik seperti tetrasiklin, klindamisin, atau mupirocin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi benjolan agar cepat hilang. Antibiotik menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab pembengkakan.Selain krim antibiotik, Anda bisa mendapatkan efek serupa dengan mengonsumsi antibiotik oral seperti amoksisilin, ampisilin, sefaleksin, atau klindamisin. Pastikan Anda menggunakan antibiotik topikal dan oral sesuai anjuran dokter.

8. Operasi

Jika bisul semakin parah dan membesar, satu-satunya cara untuk mengobati bisul agar cepat kering adalah dengan operasi. Dokter membuat sayatan kecil di bagian atas bisul untuk mengeluarkannya, atau menggunakan jarum suntik untuk menyedot nanah.Jika nanah tidak dapat dikeluarkan seluruhnya melalui operasi, dokter akan mengikat pembengkakan dengan kain kasa steril agar nanah dapat terserap dan dikeluarkan.Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bisul dengan cepat. Agar pengobatan berjalan dengan baik dan infeksi tidak menyebar ke area tubuh lain, disarankan untuk menjaga kebersihan dan jangan pernah menggores, memeras, atau memecahkan sup dengan sengaja.

Baca Selengkapnya:  Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

Meskipun beberapa pengobatan awal terkait pembengkakan dapat dilakukan secara mandiri, ada baiknya menghubungi dokter jika masalah berlanjut selama lebih dari 2 minggu. Pemeriksaan juga harus dilakukan bila abses tumbuh atau terjadi dalam jumlah banyak dan menumpuk menjadi satu.

Itulah beberapa cara mengenai Cara mengobati bisul agar cepat sembuh, sampai jumpa di artikel menarik lainya hanya di Betuah.id.