Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

Bayi

Betuah.id - Saat anak sedang pilek, sebagian orang tua terkadang menggunakan bawang merah untuk mengobatinya. Cara pengobatan yang digunakan secara turun-temurun ini dipercaya dapat memperbaiki gejala flu.Flu anak dapat diobati dengan bawang bombay dengan berbagai cara, mulai dari menempelkannya di dalam ruangan hingga telapak kaki anak.Apakah Anda tertarik dengan manfaat bawang merah untuk melawan flu? Mari kita telusuri jawaban lengkapnya melalui ulasan di bawah ini cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah.

Amankah menggunakan bawang merah untuk mengobati flu pada bayi?

Menurut dr.Reza Fahlevi, Sp.A dikutip dari situs klikdokter.com Meskipun bawang merah memiliki beberapa manfaat, namun belum ada penelitian khusus yang menyebutkan berapa banyak sebaiknya bawang merah digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.“Kalau sering digunakan, misalnya sebagai bumbu masakan, hal ini tidak menjadi masalah karena bawang bombay mengandung antioksidan dan zat lainnya. 

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

Namun tidak menggunakan pengobatan khusus seperti flu biasa, ujarnya.Namun manfaat bawang merah untuk bayi yang masuk angin dapat menghangatkan tubuh bayi Anda sehingga membuatnya lebih nyaman.Pada dasarnya penggunaan bawang merah hanya sebagai pengobatan suportif untuk flu bayi. Bayi yang terkena flu masih memerlukan pengobatan lain.

Memanfaatkan Bawang Merah untuk Mengobati Flu Bayi

Tak ada salahnya ayah dan ibu ingin mencoba cara ini. Hidung tersumbat pada bayi diatasi dengan bawang merah sebagai berikut:

Baca Juga :  Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

1. Memasukkan bawang merah ke dalam kamar

Memasukkan beberapa potong bawang merah ke dalam kamar diharapkan dapat menyerap bakteri dan virus dari orang yang sakit. .Saat Anda sakit, bakteri dan virus bisa masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak di sana. Tubuh kemudian melepaskan antibodi untuk melawan serangan virus dan bakteri.

Memasukkan irisan bawang bombay ke dalam ruangan membantu meredakan hidung tersumbat. Ibu hanya memotong bawang bombay, menaruhnya di piring dan menyimpannya di samping tempat tidur.Dokter Spesialis Anak dan penulis buku Natural Baby and Childcare dr. Lauren Feder mengungkapkan, kandungan sulfur pada bawang merah mampu mengeluarkan lendir dan cairan dari dalam tubuh.Sebenarnya tidak ada efek samping, kecuali ruangan yang berbau tidak sedap.Di sisi lain, National Onion Association menyatakan belum ada bukti ilmiah bahwa potongan bawang merah mentah dapat membunuh bakteri dan virus di udara.

Baca Juga :  Penyebab Mata Begkak dan Cara Mengobatinya

2. Mengoleskan bawang bombay pada punggung bayi

Cara lain yang umum untuk mengobati flu adalah dengan mengoleskan bawang bombay pada punggung dan perut bayi.Cara ini dinilai sangat efektif dalam pengobatan masuk angin dan bengkak. Biasanya bawang merah juga dicampur dengan minyak jarak lalu dipijat saat dipijat.Meskipun dapat mengurangi pembengkakan dan rasa hangat, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat ini.

3. Memasang bawang bombay pada telapak kaki

Memasang bawang bombay pada telapak kaki bayi merupakan metode pijat refleksi kaki tradisional Tiongkok.Potongan bawang merah yang ditempelkan di telapak kaki bayi diduga dapat membunuh bakteri dan virus.Sayangnya, belum ada penelitian khusus yang menunjukkan penggunaan bawang bombay pada telapak kaki untuk mengatasi gejala pilek.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Buta Warna

Secara umum belum ada bukti ilmiah bahwa bawang merah dapat meredakan gejala flu pada bayi.Selain bawang bombay, Anda dapat menggunakan cara lain untuk meredakan hidung tersumbat bayi Anda, seperti memberinya ASI secukupnya, memandikannya dengan air hangat, atau membersihkan lendir bayi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, konsultasikan kepada dokter untuk lebih jelasnya. 

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainy dari sobat Betuah.id.