Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

Jamur Kulit

Betuah.id - Penyakit jamur kulit umumnya merupakan kondisi yang bisa menimpa siapa saja, terutama bagi mereka yang tidak peduli dengan kebersihan. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab.Oleh karena itu, penyakit jamur kulit sering muncul di tempat lembab dengan sirkulasi udara yang tidak memadai. Beberapa contohnya termasuk kaki, selangkangan, dan lipatan kulit. Menjaga kebersihan dan sirkulasi udara merupakan cara yang efektif dalam pengobatan dan pencegahan penyakit jamur kulit. Anda dapat membaca informasi lebih lanjut di sini!

Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel :

Penyakit kulit akibat jamur ada banyak jenisnya. Tahapan pengobatan penyakit kulit ini tergantung dari penyebabnya. Namun, hindari mengobati ruam jamur dengan krim antigatal yang mengandung steroid, karena dapat memperburuk infeksi dan mempersulit pengobatan di kemudian hari.Simak petunjuk efektif pengobatan penyakit kulit akibat jamur berikut ini!

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

1. Pengepakan dingin

Tergantung pada tingkat keparahan infeksinya, infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan rasa gatal yang parah. Mengompres kulit dengan air dingin dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

2. Mengonsumsi antihistamin

Selain kompres dingin, cara lain yang efektif untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit adalah dengan menggunakan antihistamin. Obat jenis ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu.

Baca Juga :  Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

3. Gunakan salep dan krim

Selain kompres dingin dan obat oral, pengobatan lain yang efektif untuk pengobatan infeksi jamur pada kulit adalah dengan mengoleskan krim antijamur pada area kulit yang terinfeksi penyakit jamur. Krim dapat memberikan efek optimal langsung pada area yang bermasalah.

4. Membersihkan

Membersihkan adalah cara yang efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit jamur. Karena percuma jika hanya minum obat dan mengoleskan krim antijamur jika tidak menjaga kebersihan diri.

Baca Juga :  Cara Mengobati Bercak Merah Pada Mata

5. Ganti kaus kaki dan cuci kaki secara teratur

Area kulit yang disukai jamur untuk tumbuh dan berkembang adalah pada kaki dan sela-sela jari kaki. Oleh karena itu, kaus kaki harus diganti dan kaki harus dicuci setelah perjalanan.Jangan berjalan tanpa alas kaki, terutama di tempat yang bisa basah, seperti pancuran gym dan ruang ganti. Jika Anda mengalami infeksi jamur pada kuku, jangan gunakan gunting kuku atau berbagi gunting kuku dengan orang lain.Penyakit yang memerlukan penanganan seriusKebanyakan penyakit kulit akibat jamur tidak serius. Namun kondisi kulit ini perlu diwaspadai jika:

  • Terdapat di seluruh tubuh.
  • Mulai tiba-tiba dan menyebar dengan cepat.
  • Kulit perih dan melepuh.
  • Muncul bersamaan dengan demam.

Baca Juga :  Penyebab Mata Begkak dan Cara Mengobatinya

Infeksi jamur pada kulit seringkali berwarna merah cerah dan dapat menyebar ke area yang luas. Infeksi jamur pada kulit menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Itulah tadi beberapa Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel yang bisa sobat Betuah.id lakukan, Jika masih sulit sembuh segera hubungi dokter.