Daftar 7 Jurusan CPNS Unggulan 2024

Daftar 7 Jurusan CPNS Unggulan 2024

Seleksi CPNS 2024 akan segera dibuka, dan kali ini freshgraduate atau freshgraduate akan diprioritaskan untuk direkrut. Menurut Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi, fokus rekrutmen ASN pada tahun 2024 adalah mencari tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan ahli digital.Menurutnya, masyarakat digital dinilai sebagai pendukung penting pembangunan berbagai sektor di daerah dan mendorong perubahan digital dalam pemerintahan. Selain itu, diperkirakan banyak CPNS yang akan ditempatkan di IKN kali ini di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.Jurusan apa yang paling banyak diminati untuk CPNS 2024? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!.

Daftar 7 Jurusan CPNS Unggulan 2024

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fokus rekrutmen ASN tahun 2024 adalah mencari tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan talenta digital. Jadi himpunan utama di bawah ini adalah jurusan yang paling dibutuhkan antara lain:

1. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi (TI) diketahui fokus pada aspek digital aktivitas manusia. Hal ini menjadikannya sangat penting, khususnya di sektor pemerintahan.Semua mahasiswa IT baik tingkat universitas maupun sekolah menengah kejuruan biasanya mempelajari prinsip-prinsip teknologi informasi, ilmu komputer dan konsep matematika, analisis proses, perencanaan, pengelolaan dan evaluasi sumber daya informasi. Ilmu serba guna ini akan sangat penting untuk membangun IKN di masa depan.

2. Dinas Pendidikan

Pendidik atau guru selalu menjadi syarat utama dalam setiap seleksi CPNS. Selain itu, pada CPNS 2024, kebutuhan guru masih tinggi, terutama di daerah yang kekurangan guru.Posisi mengajar tersedia sesuai dengan kurikulum atau spesialisasi yang diselesaikan dalam pelatihan. Pilihan-pilihan ini mencakup guru sekolah dasar, menengah, anak usia dini, dan guru yang fokus pada mata pelajaran berbeda.

3. Dinas Kesehatan

Selain tenaga pelatihan, peran tenaga kesehatan juga sangat penting. Pasalnya, pentingnya aspek kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dijamin oleh negara.Bagi anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan seperti kedokteran, keperawatan, kebidanan, pengobatan tradisional atau epidemiologi, peluang untuk mendaftar pada pemilu CPNS 2024 sangat luas.

Baca Juga :  10 Tips Panduan Bisa Lolos CPNS 2024

4. Jurusan Kebijakan Pemerintahan

Lulusan Jurusan Kebijakan Pemerintahan banyak diminati dalam Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024. Hal ini dikarenakan mereka memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai manajemen SDM.

5. Fakultas Hukum

Kebutuhan terhadap orang-orang yang memiliki pendidikan hukum juga tidak kalah besarnya, terutama pada jabatan-jabatan yang berkaitan dengan departemen hukum, misalnya pada kejaksaan. Pada seleksi CPNS sebelumnya, terdapat berbagai formasi khusus lulusan hukum, seperti Analis Proyek Kontrak dan Ahli Jaksa Pertama.

6. Jurusan Psikologi

Kajian di Jurusan Psikologi mencakup aspek kesehatan mental, pemikiran dan perilaku manusia. Lulusan jurusan ini pasti mempunyai peluang bagus di bidang kesehatan dan pendidikan yang menjadi syarat terpenting dalam proses rekrutmen CPNS 2024

Baca Juga :  Apa Saja Tips Supaya Lolos Tes CPNS

7. Jurusan Ilmu Ekonomi

Merupakan salah satu jurusan yang mempunyai potensi tinggi dalam CPNS 2024, karena dibutuhkan oleh beberapa lembaga baik kementerian maupun lembaga daerah. 

Itulah tadi beberapa Daftar 7 Jurusan CPNS Unggulan 2024 yang wajib kamu tahu.