Jenis Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Wajib Kamu Ketahui!

Jenis Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Wajib Kamu Ketahui!

Betuah.id - Saat ini tersedia banyak beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di universitas. Mulai dari beasiswa bagi mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu, hingga beasiswa prestasi di bidang akademik dan non-akademik.

Jenis Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Beasiswa Penghargaan

Beasiswa ini diberikan kepada siswa dengan prestasi akademik terbaik. Umumnya indikator penilaiannya adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau prestasi non-akademik lainnya.

2. Beasiswa Bantuan

Diberikan kepada pelajar yang dianggap tidak mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang layak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Umumnya pemberi beasiswa melihat kekurangan finansial calon penerima beasiswa berdasarkan berbagai faktor seperti pendapatan orang tua, jumlah saudara kandung yang belajar, biaya hidup bulanan, dll.

3. Beasiswa penelitian

Bagi yang ingin melakukan penelitian terkait dengan bidang studinya saat ini, Anda dapat mengajukan permohonan dana hibah penelitian untuk menunjang kebutuhan penelitian Anda. Pendana biasanya berasal dari universitas, perusahaan atau lembaga pemerintah yang mempunyai proyek penelitian dan membutuhkan staf akademik. Besaran dan jangka waktu yang diberikan tergantung kebutuhan dan lama studi.

4. Beasiswa Non-Akademik

Saat ini banyak institusi atau bahkan universitas yang menawarkan bantuan pendidikan kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang non-akademik seperti olahraga, seni, dll.

5. Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ini mewajibkan penerima beasiswa untuk bekerja dalam jangka waktu tertentu pada instansi atau perusahaan (sponsor) yang mengeluarkan beasiswa. Maksudnya, beasiswa yang diwakafkan dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak, yaitu pemberi dan penerima.

Baca Juga :  Simak Persyaratan dan Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024

Siapa yang Mendanai Beasiswa Perguruan Tinggi?

Jika Anda mengetahui berbagai beasiswa yang tersedia di universitas. Selanjutnya kita akan membahas berbagai penyedia beasiswa atau sponsor yang akan membantu Anda nantinya dalam studi universitas Anda.

1. Pemerintah

Subsidi pemerintah berbeda-beda, misalnya KIP Kuliah, Bidikmisi dan LPDP. KIP Kuliah adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa S1 yang berada dalam keadaan ekonomi lemah, biasanya dapat mendaftar di bagian penerimaan mahasiswa.Seperti sebelumnya, Bidikmisi merupakan sarana pendidikan yang dipersembahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki nilai akademik yang baik. Syarat utama penerima beasiswa ini adalah harus lulus tepat waktu (4 tahun).

2. Institusi pendidikan swasta

Selain negeri, lembaga pendidikan swasta juga merupakan salah satu penyedia beasiswa terbesar yang dapat Anda gunakan selama studi di universitas. Misalnya saja Beasiswa Djarum, Beasiswa BCA, Beasiswa Model Tanoto Foundation dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :  Tips Lulus Beasiswa LPDP 2024

3. Yayasan

Yayasan menawarkan beasiswa yang berbeda dengan kondisi yang berbeda, seperti Yayasan Beasiswa Jakarta, Yayasan Hadji Kalla, Yayasan Karya Salemba Empat, dll.

4. Perguruan Tinggi

Selain institusi di atas, banyak kampus juga yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Umumnya kampus pemerintah dan swasta bermitra dengan yayasan atau perusahaan untuk menawarkan beasiswa kepada mahasiswanya.

Itulah tadi beberapa Jenis Beasiswa Perguruan Tinggi Yang Wajib Kamu Ketahui!