Cara Mengobati Bercak Merah Pada Mata

Cara Mengobati Bercak Merah Pada Mata

Betuah.id - Ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata merah, mulai dari cara alami hingga penggunaan obat-obatan. Meskipun kondisi ini umum terjadi, namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas penderitanya. Oleh karena itu, diperlukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mata merah paling sering disebabkan oleh iritasi dan peradangan mata. Namun banyak hal yang bisa menyebabkan mata merah, seperti mata berdarah atau pembuluh darah melebar, kelopak mata bengkak, mata kering, reaksi alergi, dan cedera mata.Mata merah harus dirawat dengan baik. Ada berbagai cara untuk mengobati konjungtivitis, mulai dari pengobatan alami hingga obat tetes mata.cara mengobati bercak merah pada mata:

Berbagai Cara Mengobati Mata Merah

Perawatan Mata Merah berbeda-beda tergantung penyebabnya. Namun, Anda dapat menggunakan perawatan berikut untuk meringankan gejala mata merah yang relatif ringan:

Baca Juga :  Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

1. Gunakan hot pack

Caranya cukup sederhana. Rendam handuk dalam air hangat dan peras, lalu tempelkan pada mata yang merah selama 10-15 menit. Cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata dan mengatasi iritasi mata. Dengan demikian keluhan mata merah bisa hilang.

2. Lakukan kompres dingin

Jika mata merah tidak kunjung hilang setelah dikompres hangat, Anda bisa mencoba cara lain yaitu mengompres mata dengan kompres dingin. Kompres es biasanya lebih efektif mengatasi mata merah, bengkak, dan iritasi atau gatal akibat alergi.

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Jamur Kulit Membandel

3. Gunakan pelembab udara

Menggunakan AC di ruangan tertutup dapat mengeringkan udara sehingga menyebabkan mata merah. Disarankan untuk menggunakan pelembab atau dehumidifier untuk mengatasi keluhan mata merah akibat hal tersebut.Selain melembabkan udara, alat ini juga dapat membersihkan udara dari debu dan kotoran sehingga mengurangi kemungkinan mata mengalami iritasi atau alergi akibat debu.

4. Mengoleskan air mata buatan

Menggunakan air mata buatan berguna untuk menjaga kelembapan mata dan membersihkan mata. Mata merah akibat penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu lama atau mata kering juga cepat sembuh jika diobati dengan air mata buatan.

5. Gunakan obat tetes mata

Selain cara alami di atas, Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual bebas atau dijual bebas tanpa resep dokter. Namun sebelum membeli dan menggunakannya, perhatikan terlebih dahulu kandungan dan kegunaan obat mata tersebut.Obat tetes mata antihistamin (misalnya olopatadine) atau kortikosteroid (misalnya betametason) meredakan kemerahan yang disebabkan oleh alergi. 

Baca Juga :  Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

Sementara itu, obat tetes mata yang mengandung dekongestan digunakan untuk mengurangi mata merah akibat pelebaran pembuluh darah di mata.Kedua obat mata tersebut sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu lama atau lebih dari 3 hari. Untuk meminimalkan efek samping, disarankan untuk menggunakan obat ini sesuai petunjuk pada kemasan.Jika penyebab pasti kemerahan mata belum diketahui, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mata sebelum menggunakan obat tetes mata.

Mencegah mata merah

Ada beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari mata merah, yaitu:

  • Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Hindari menyentuh atau mengucek mata.
  • Hindari faktor penyebab mata merah, seperti asap rokok, debu, atau sabun yang terbuat dari bahan kimia keras.
  • Saat berada di luar rumah, kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari debu dan sinar matahari.
  • Ganti seprai, bantal, dan handuk setiap minggu.
  • Untuk mencegah iritasi dan kerusakan mata, ganti dan rawat lensa kontak bekas secara rutin. 
  • Jangan lupa untuk membersihkan lensa kontak Anda secara rutin.
  • Istirahatkan mata Anda setelah berjam-jam menatap layar komputer atau perangkat.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

Mata merah ringan atau parah biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau dapat diatasi dengan beberapa cara seperti yang disebutkan di atas.Namun jika mata merah Anda tidak hilang dalam waktu 1 minggu, atau jika Anda mengalami keluhan lain seperti nyeri, nanah atau pendarahan, penglihatan kabur atau sensitif terhadap cahaya, segera hubungi dokter. Dengan demikian, dokter bisa menentukan cara mengobati mata merah sesuai dengan penyebabnya.

Itulah cara mengobati bercak merah pada mata yang bisa sobat Betuah.id lakukan dengan cara sederhana.