Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang memberi tahu Anda ketika virus, bakteri atau bakteri atau parasit menyerang tubuh.Biasanya, ketika virus atau benda lain menyerang tubuh, kelenjar getah bening akan membesar atau membengkak.Jika kelenjar getah bening bengkak, sebagian orang mengira kelenjar getah bening tersebut perlu dioperasi. Sebenarnya, ada cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi. Menurut Healthline, kelenjar getah bening adalah saluran dalam tubuh mirip pembuluh darah yang menyaring getah bening dan berisi sel darah putih.

Kelenjar getah bening ditemukan di seluruh tubuh. Tepat di bawah kulit, seperti di bawah ketiak, di bawah dagu, di atas tulang selangka, di kedua sisi leher, di kedua sisi selangkangan.Biasanya, kelenjar getah bening membengkak saat virus menyerang tubuh. Misalnya, jika Anda sedang pilek dan batuk, kelenjar getah bening di sekitar leher Anda bisa membengkak.Selain itu, ada gejala lain seperti demam, menggigil, badan berkeringat yang membuat jalan sepi.Setelah virus hilang, pembengkakan kelenjar getah bening biasanya menyusut dan sembuh secara perlahan. Dengan demikian, cara mengobati kelenjar getah bening tidak hanya dengan operasi saja, namun bergantung pada penyebab kelenjar getah bening tersebut.

Penyebab kelenjar getah bening

Pembesaran kelenjar getah bening biasanya menyebabkan infeksi telinga dan infeksi sinus.Selain itu bisa disebabkan oleh flu, sakit tenggorokan, infeksi gigi dan penyakit menular seksual seperti sifilis, gonore bahkan HIV.Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh toksoplasmosis, tuberkulosis, dan herpes zoster.

Baca Juga :  Penyebab Mata Begkak dan Cara Mengobatinya

Gejala kelenjar getah bening

Gejala pembengkakan kelenjar getah bening biasanya berupa benjolan sebesar kacang polong atau ceri di leher, ketiak, atau bagian tubuh lain tempat kelenjar tersebut berada.Selain tampilan bungkusnya, potongan tersebut biasanya terasa nyeri saat disentuh. Terkadang bisa menimbulkan rasa sakit bila dipengaruhi oleh gerakan tertentu.Gejala lain ketika kelenjar getah bening terbentuk di bawah dagu atau leher adalah nyeri saat menggerakkan kepala dan mengunyah makanan.

Mengobati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

Faktanya, pembengkakan kelenjar getah bening akan mengalir atau sembuh dengan sendirinya bila disebabkan oleh infeksi seperti pilek dan batuk.Artinya pembengkakan kelenjar getah bening dapat diobati tanpa obat atau operasi.Namun terkadang, dokter memberikan obat antivirus atau antibiotik untuk melawan infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.Selain itu, dokter biasanya merekomendasikan obat-obatan seperti asetaminofen dan ibuprofen untuk meredakan nyeri dan nyeri tekan serta mengurangi peradangan.Demikian pula menurut Mayo Clinic, pemberian obat khusus untuk mengatasi kelenjar getah bening tanpa operasi jika penyebabnya adalah infeksi.Termasuk pada kasus infeksi HIV, obat-obatan khusus dapat diberikan dengan berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga :  Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

Cara lain untuk mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi adalah dengan memerasnya. Anda bisa berkemas dengan air hangat dan handuk.Untuk melakukannya, rendam handuk dalam air hangat. Lalu peras dan oleskan pada area pembengkakan kelenjar getah bening. Misalnya saja di bagian leher atau ketiak.Lakukan ini beberapa kali. Setelah itu, istirahatlah yang cukup agar tubuh mempunyai kekuatan untuk melawan virus dan bakteri. Dengan demikian, kelenjar getah bening yang membengkak bisa cepat terkuras dan sembuh.

Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Selain kompres dan istirahat, beberapa sumber lain menyebutkan bahwa kelenjar getah bening bisa diobati tanpa operasi dengan mengonsumsi ramuan berikut ini.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

1. Vitamin C

Vitamin C diduga dapat mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening karena membantu sistem kekebalan tubuh pulih dengan cepat. Sehingga dapat melawan infeksi virus dan bakteri.Saat virus dan bakteri hilang, pembengkakan kelenjar getah bening akan mengecil dan sembuh.

2. Madu

Madu dipercaya dapat melawan infeksi karena membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, campurkan madu dengan air hangat lalu diminum. Anda juga bisa mencampurkan madu dan air jeruk lemon yang kaya akan vitamin C.

Baca Juga :  Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

3. Cuka sari apel

Konon, campuran cuka sari apel dan air hangat juga dapat mengobati infeksi pada tubuh. Caranya adalah dengan memeras campuran cuka apel dan air hangat pada kelenjar getah bening yang membengkak.Pilihan lainnya adalah mencampurkan cuka sari apel, madu, dan air matang. Kemudian diminum dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

4. Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba diduga dapat mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening.Untuk ini, gunakan lebih banyak bawang putih dalam masakan sehari-hari Anda atau oleskan bawang putih yang dihancurkan pada area yang bengkak.

Inilah artikel untuk sobat Betuah.id mengenai Penyebab, Gejala dan Pengobatan Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi. Namun selalu konsultasikan ke dokter jika dirasa masih belum kunjung sembuh. Semoga ini membantu.