Penyebab Mata Begkak dan Cara Mengobatinya

Penyebab Mata Begkak dan Cara Mengobatinya

Betuah.id - Salah satu kondisi yang agak mengkhawatirkan adalah mata bengkak. Selain menurunkan rasa percaya diri, kelopak mata bengkak terkadang terasa nyeri dan tidak nyaman. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kelopak mata bengkak. Tentu saja cara mengatasi kondisi ini berbeda-beda tergantung penyebabnya.Pertambahan usia juga melemahkan dan mengendurkan jaringan di sekitar mata. Hal ini menyebabkan lemak menumpuk di kantung mata sehingga menyebabkan pembengkakan pada kulit kelopak mata yang meregang.

Penyebab kelopak mata bengkak

Sebenarnya ada banyak penyebab kelopak mata bengkak. Misalnya saja faktor-faktor berikut:

1. Kalazion

Kalazion adalah kondisi tersumbatnya kelenjar meibom pada kelopak mata bawah dan atas. Meibomian sendiri berperan penting dalam mengatur produksi minyak.

2. Radang mata (konjungtivitis)

Penyebab lainnya bisa berupa radang mata atau konjungtivitis. Kondisi ini ditandai dengan mata merah disertai rasa gatal, nyeri, dan bengkak.

Baca Juga :  Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

3. Penyakit Graves

Penyakit Graves menimbulkan sejumlah gejala seperti peradangan, bengkak, dan mata tampak bengkak. Bahkan ada yang ditandai dengan mata kering dan merah. Ini adalah penyakit mata yang disebabkan oleh hipertiroidisme.

Mengapa mata bengkak berwarna merah?

Mata merah dan bengkak biasanya disebabkan oleh pembengkakan pada sklera atau sklera atau pembuluh darah yang melebar. Penyebab kondisi ini bermacam-macam, bisa berupa alergi, infeksi, cedera, debu, mata kering, atau paparan sinar matahari.

Apa penyebab mata bengkak akibat pembengkakan jaringan di sekitar mata? 

Padahal mata bengkak hanya pada satu sisi saja. Ada beberapa hal yang memicu kondisi ini, serta faktor penyebab kemerahan dan kemerahan. Misalnya sebagai berikut:

  • Alergi
  • Kalazion
  • Stylus
  • Konjungtivitis
  • Selulitis orbital
  • Blepharitis

Penyebab mata bengkak

Ada banyak penyebab mata bengkak. Selain faktor yang disebutkan di atas, penyebab lainnya adalah kurang tidur dan terlalu lama menangis. Benarkah kurang tidur dan menangis berlebihan bisa menyebabkan mata sembab?Mata sembab setelah menangis sering terjadi pada malam hari. Selain itu, kurang tidur juga bisa menyebabkan bengkak pada mata. Bahkan, kulit sekitar mata menjadi keriput, keruh, dan muncul lingkaran hitam di kelopak mata bagian bawah.

Menghilangkan mata bengkak setelah menangis

Mata bisa hilang, tapi tergantung penyebabnya. Untuk mengatasinya secara optimal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pemicunya. Jika mata bengkak disebabkan oleh terlalu lama menangis, Anda bisa menghilangkannya dengan mencuci mata secara lembut. Gunakan waslap bersih yang lembut saat membersihkan kelopak mata, bisa juga dengan memerasnya. Untuk hasil yang optimal, air yang digunakan bisa berupa air hangat.

Bagaimana cara mengatasi kantung mata bengkak?

Anda dapat mengobati mata bengkak dengan kompres air hangat seperti dijelaskan di atas. Namun ada beberapa pilihan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak.

Baca Juga :  Cara Mengobati Flu Pada Bayi Dengan Bawang Merah

1. Meningkatkan jumlah cairan

Cairan berperan penting dalam mengatasi masalah kantung mata dan kelopak mata bengkak. Pasalnya, saat tubuh dehidrasi, terjadi pembengkakan di beberapa tempat, termasuk kantung mata.

2. Posisi tidur yang benar

Selanjutnya perbaiki posisi tidur dengan kepala sedikit ditinggikan agar posisinya tidak rata. Hal ini dapat mencegah cairan menumpuk pada kulit sekitar mata.

3. Hapus riasan sebelum tidur

Sebelum tidur sebaiknya hapus riasan terlebih dahulu lalu cuci muka hingga bersih. Kebiasaan baik ini juga mencegah terbentuknya kantung mata. Tidur dengan riasan dapat memicu infeksi atau alergi yang merusak kesehatan dan elastisitas kulit di sekitar mata.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Sakit Kepala Berdenyut Tanpa Obat

Tips mengobati mata bengkak

Tips mengobati mata bengkak lainnya adalah dengan menggunakan antibiotik sesuai anjuran dokter mata. Antibiotik dianjurkan untuk meredakan gejala mata bengkak akibat infeksi. Beberapa infeksi mata disebabkan oleh papula, konjungtivitis, atau selulitis. Dokter biasanya memberikan antibiotik dalam bentuk salep, krim, obat tetes mata, obat minum, dan infus.

Itulah beberapa tips untuk sobat Betuah.id mengenai Penyebab mata begkak dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat.