Daftar Obat Alami Menyembuhkan Luka Dengan Cepat

Obat Alami

Betuah.id - Ada banyak cara untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Selain obat-obatan, makanan utuh juga bisa dimakan untuk mendukung proses penyembuhan.Makanan berikut ini mengandung zat yang diperlukan untuk penyembuhan luka, seperti protein, zat besi, seng, kalsium, glutamin, vitamin C, A, E dan K. Inilah daftar obat alami menyembuhkan luka dengan cepat.

Obat Luka Alami Apa yang Bisa Anda Makan? Ayo cari tahu.

1. Daging

Cara alami untuk mengeringkan luka dengan cepat adalah dengan mengonsumsi daging. Anda bisa makan daging merah, ayam atau ikan.Daging mengandung kolagen, sejenis protein yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Kolagen menyembuhkan luka dan mengubah jaringan kulit. Manfaat tersebut juga didapat dari kandungan zat besi, seng, dan glutamin pada dagingnya.

Baca Juga :  Cara Mengobati Luka Sesuai Anjuran Medis

2. Telur

Mengonsumsi telur dapat mendukung penyembuhan luka. Seperti halnya daging, obat luka ini juga mengandung kolagen, zat besi, seng, dan glutamin yang dapat menghentikan luka dan mendukung pembentukan jaringan kulit baru.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, termasuk gandum, mengandung protein nabati. Makanan ini merupakan sumber vitamin E dan glutamin yang baik.Menurut M. Dejandra Rasnaya, vitamin E dan glutamin merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi jaringan luka dan proses penyembuhan.

4. Jeruk

Jeruk banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan, membantu pembentukan kolagen dan meningkatkan daya tahan tubuh.Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk dapat mendukung penyembuhan luka. 

Baca Juga :  Cara Menggabungkan File PDF Di iPhone Dengan Mudah

5. Wortel

Wortel adalah obat luka alami cepat kering yang bisa Anda gunakan. Beta-karoten yang terkandung dalam wortel berperan dalam pembentukan jaringan kulit baru.Selain wortel, Anda juga bisa mengonsumsi brokoli, bayam, dan paprika.

6. Kerang atau tiram

Kerang atau tiram banyak mengandung zinc. Zat ini berkontribusi pada pembentukan dan pematangan kolagen. Menurut penelitian, kekurangan zinc bisa memperlambat proses penyembuhan. Jaringan kulit baru melemah.Oleh karena itu, tiram dapat Anda manfaatkan sebagai bahan penyembuh luka untuk menunjang proses penyembuhan alami. 

Baca Juga :  Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Sembuh

7. Ikan Salmon

Menurut penelitian yang dipublikasikan di LohiBMC Cancer, mengonsumsi suplemen omega-3 mendukung penyembuhan luka, meningkatkan respons imun, dan mengurangi peradangan.Anda juga bisa mengonsumsi sumber omega-3 alami yaitu ikan salmon untuk mendukung penyembuhan luka. Dengan mengonsumsi 85 gram ikan salmon, Anda bisa memenuhi lebih dari 70 persen kebutuhan harian Anda.

Inilah daftar Obat alami menyembuhkan luka dengan cepat yang bisa sobat Betuah.id lakukan. Perlu Anda ketahui bahwa banyak faktor seperti infeksi luka, diabetes, pembuluh darah dan usia tua juga dapat menghambat penyembuhan luka.